Selasa, 06 Maret 2012

GURU PADA MASA 1945 VS GURU PROFESIONAL PADA MASA SEKARANG

Gambar tersebut adalah gambaran peristiwa Bom Atom di Jepang, yang dikenal dengan peristiwa Bom Nagasaki dan Hirosima, kenapa disebut demikian ? karna tempat dari lokasi Bom tersebut terjadi di jantung kota Jepang tepatnya di kota Nagasaki dan kota Hirosima.

Kemudian, apakah ada keterkaitan peristiwa tersebut dengan Pendidikan atau Guru pada khususnya ?
" ADA"
Kaisar Hirohito, Jepang
Ketika kota Hiroshima dan Nagasaki di Jatuhi Bom Atom oleh Amerika Serikat pada 1945, hal yang pertama ditanyakan oleh Kaisar Jepang, Kaisar Hirohito adalah berapa banyak guru yang masih hidup. Kaisar Hirohito sangat sadar bahwa kemajuan dan kebangkitan suatu bangsa itu dimulai dari sumber daya manusianya. Sementara sumber daya manusia yang baik itu bisa dicapai dengan pendidikan. Sedangkan faktor yang penting dalam pendidikan pada masa itu adalah keberadaan guru.
sangatlah mengagetkan apa yang dikatakan Kaisar Jepang saat itu. Guru sangatlah penting di mata beliau. Jika dibandingkan dengan kebijakan Pemerintah saat ini, yang memberikan Tunjangan Fungsional atau dikenal dengan istilah sertifikasi pada Guru  di zaman sekarang, Peran Guru pada zaman sekarang juga tak kalah penting dengan peran Guru pada masa kaisar Hirohito.

Walaupun tanpa Sertifikasi, Guru - guru pada zaman Kaisar Hirihito mampu membuktikan bahwa Guru sangatlah berpengaruh dalam kemajuan membangun bangsa dan Negara walaupun Negara tersebut dalam keadaan tragis pasca Perang Dunia ke II.

Tantangan yang berat bagi Guru - guru pada zaman sekarang terutama yang sudah mendapatkan label Guru Profesional dan mendapatkan tunjangan sertifikasi.

Dan jika Negara kita mengalami hal yang sama seperti Jepang pada tahun 1945, Apakah Pemerintah kita akan berkata sama sepeti Kaisar Hirohito " berapa banyak guru yang masih hidup "
Tentu Tidak !!!!
Tapi Mungkin,
Pemerintah Kita akan berkata " BERAPAKAH GURU BERSERTIFIKASI YANG MASIH HIDUP"

Mari kita lihat perubahan apa yang telah dilakukan oleh Guru - guru yang dikatakan profesional  / Guru Bersertifikasi pada masa sekarang. Dan Kemudian...
Mari kita Bandingkan dengan Guru - guru pada masa Kaisar Hirohito yang berhasil menjadi bagian dari kebangkitan Jepang pasca Perang Dunia II.
Apakah Guru - guru Profesional / Guru Bersertifikasi tersebut, mampu menjawab Tantangan ini ????

3 komentar:

Almusto_Kangmus mengatakan...

ayo semangat guruku.....

Admin mengatakan...

hanya kalianlah yang dapat mengobah dunia
karena GURU (digugu dan ditiru)
ayuuu semangat.........

adiholic mengatakan...

Terimakasih Teman atas Komenya......
Kalian juga pasti punya Guru Favorite yang mampu merubah hidup kalian menjadi lebih baiak kan..

Posting Komentar